Arti gagal menurut NLP bukanlah sebuah bencana dimana seolah semuanya sudah usai.

arti gagalJujur mengaku bahwa dulu saya punya makna berbeda ketika berurusan dengan kata gagal. Apalagi saat SMA kelas 2 saya pernah gagal alias harus kembali mempelajari mata pelajaran yang sama (maksudnya nggak naik kelas.. hehehehe). Parahnya adalah stigma akan makna gagal tersebut menjadi sangat kental bagi saya. Gagal sama dengan tidak berhasil.

Ketika bergumul dalam dunia kerja, kata gagal itu sepertinya juga masih tetap saya maknai sebagai sebuah bencana. Sebetulnya bukan kebanggaan juga bagi saya memelihara makna gagal seperti definisi di atas karena semakin kuat saya memaknai kata tersebut semakin besar ketakutan saya ketika hendak menapaki sebuah tantangan baru di dunia kerja. Hal itu berlangsung terus dalam hidup saya hingga pada akhirnya saya mengenal makna lain dari istilah gagal ketika belajar NLP.

Gagal menurut definisi NLP artinya adalah bahwa adanya sebuah informasi berupa umpan balik (feedback) yang berarti ada hal yang kurang tepat dengan apa yang kita lakukan sebelumnya. Hal terpenting dalam pemberian makna yang berbeda terhadap kata gagal inilah sebetulnya yang akan memupuk sebuah sikap baru yang justru menjadi landasan dalam NLP.

Sikap baru ini adalah fleksibilitas, yang juga merupakan acuan sikap ketika kita ingin menuju sebuah perubahan seperti tertuang dalam salah satu dari 4 pillars of NLP : Outcome, Flexibility, Sensory Acuity, dan Rapport.

Mungkin ada diantara pembaca yang mengatakan bahwa ini adalah sebuah pembenaran. Saya katakan mungkin memang ada. Namun jika sebuah pembenaran itu adalah sesuatu yang justru malah membuat kita berdaya, mengapa kita harus tetap memegang sebuah definisi akan makna yang malah membuat kita merasa tidak berdaya.

Di tulisan selanjutnya akan saya ulas tentang seberapa besar pengaruh pendefinisan terhadap sebuah makna yang nantinya berujung pula pada dampak perilaku baru yang dapat ditimbulkan.

Selamat berlatih fleksibel agar semakin supel ..

Salam berbagi,

Totok PDy     

Pin It on Pinterest

Shares
Share This