Artikel tentang NLP Meta Program kali akan membahas tentang pengertian beserta contoh yang sering kita temui.

Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke tempat-tempat pameran, tentunya Anda akan banyak mendapakan sebuah informasi dari para tenaga penjualan yang menawarkan produk mereka dengan bertujuan agar Anda berkenan untuk membelinya.

Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh tenaga penjualan tersebut ketika berkesempatan untuk menjelaskan keunggulan produknya kepada Anda. Beberapa dari mereka mungkin menggunakan cara dengan menunjukkan produknya secara langsung atau mungkin hanya terwakilkan lewat media cetak seperti brosur, katalog, dan lain sebagainya.

Artikel NLP Meta Program Namun jika kita amati dari sisi bentuk komunikasi yang dilakukan oleh tenaga penjualan tersebut akan terdapat perbedaan yang jelas tentang bagaimana mereka melakukan pola komunikasinya. Sebagai contoh : ada yang menyampaikan spesifikasi dari produk mereka secara detail, namun ada pula yang menjelaskannya secara sepintas dengan menggunakan konsep secara global.

Apakah dengan menggunakan bentuk pola komunikasi yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi para calon pembelinya? Tentu saja. Lantas bagaimana pengaruh dari 2 (dua) pola bahasa tersebut jika dikaitkan dengan sisi psikologis terutama yang bersentuhan dengan sisi motivasi bagi lawan bicaranya atau pendengarnya (dalam hal ini bagi calon pembeli)?

Sebagai sebuah pengetahuan yang banyak mengulas tentang perilaku manusia, NLP dalam perkembangannya banyak mendapatkan berbagai macam masukan dari para penggagasnya.

Salah satu sumbangsih yang cukup menarik untuk dikaji lebih jauh adalah yang disebut dengan META PROGRAM.

Meta Program adalah sebuah acuan dalam mengetahui cara manusia berperilaku (baca : motivasi) yang sesungguhnya dilandaskan dengan adanya sebuah program yang sudah ada di dalam diri seseorang. Jika kita analogikan ke dalam dunia otomotif, maka kita akan mengenal setidaknya terdapat 2 (dua) jenis tipe mobil, yaitu mobil yang berbahan bakar bensin dan yang berbahan bakar solar. Dari keduanya akan terlihat sekali perbedaan yang sangat signifikan tentang bagaimana mobil tersebut memerlukan jenis bahan bakar yang berbeda. Bahkan kecepatan serta akselerasi dari keduanya sudah pasti jauh berbeda.

Demikian pula halnya dengan manusia yang memiliki sebuah program tertentu dimana seseorang akan mau tergerak apabila stimulus penggeraknya sesuai dengan program yang sudah ada dalam dirinya. Meta Program di NLP setidaknya secara umum dibagi dalam 5 (lima) pola yang salah satunya adalah seperti contoh di atas tentang bagaimana seorang tenaga penjual yang menyampaikan penjelasannya dengan cara yang berbeda yaitu secara detail dan secara global.

Apabila seorang tenaga penjual mengetahui dengan pasti berkaitan dengan pola Meta Program yang dimiliki oleh calon pembelinya, maka setidaknya akan sangat membantu dalam mengarahkan keputusan calon pembeli untuk melakuakan proses pembelian.

Salam,

Totok PDy

Pin It on Pinterest

Shares
Share This