CARA BELAJAR NLP

Benarkah belajar NLP itu mudah?

Tepat sekali. Belajar NLP memang mudah. Semudah mempelajari pengetahuan lainnya yang memiliki pokok bahasan seputar dunia pemberdayaan diri. Namun begitu, tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak orang yang memiliki asumsi bahwa belajar NLP itu tidak mudah alias sulit. Salah satu faktor penyebab munculnya pandangan ini adalah karena terlalu banyaknya istilah asing yang notabene memang bukan bahasa asing generik seperti yang sering kita jumpai. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab utama bagi orang awam merasa enggan berkeinginan untuk mempelajari apalagi mengeksplorasi NLP.

Lantas jika memang kendala dengan banyaknya istilah yang ada, masih layak-kah untuk dikatakan bahwa belajar NLP itu memang mudah? Secara pribadi saya tetap mengatakan bahwa NLP itu memang mudah untuk dipelajari. Hal ini menurut saya dikarenakan semata-mata hanya berkenaan dengan strategi atau cara dalam mempelajarinya saja dan bukan dikarenakan tentang keberadaan pengetahuan NLP itu sendiri.

Berkaitan dengan strategi atau cara dalam mempelajari NLP, maka pada tulisan kali ini saya ingin mengulas tentang strategi atau cara tersebut yang memiliki keterkaitan erat dengan tujuan awal ketika seseorang ingin mempelajari NLP.

belajar nlp

Menurut pengalaman saya bertahun-tahun selama menjadi trainer di dunia pelatihan NLP, secara garis besar setidaknya tujuan seseorang dalam mempelajari NLP dapat dibagi menjadi 2 (dua) hal, yaitu :

  • Mempelajari NLP dengan tujuan untuk menggunakan NLP sebagai alat bantu dalam hal perubahan perilaku dari diri seorang praktisinya.
  • Mempelajari NLP dengan tujuan ingin memperdalam pengetahuan NLP sekaligus mengeksplorasinya.

Dari kedua hal mendasar ini sudah cukup dapat memberikan perbedaan yang jelas tentang keberadaan NLP sebagai sesuatu yang mudah atau sulit untuk dipelajari.

Saran saya berkaitan dengan hal ini adalah, tanyakan kembali kepada diri kita masing-masing ketika memutuskan hendak mempelajari NLP khususnya jika ingin mengikuti sebuah kelas pelatihan NLP. Jika seseorang memang hanya ingin sekedar mengambil manfaat dengan mempelajari NLP, maka saran saya pelajari terlebih dulu teknik-teknik yang ada di NLP. Hal ini bertujuan agar dapat secara cepat menemukan ketertarikan sekaligus memancing keingintahuan lebih lanjut untuk mempelajari materi lainnya yang terdapat dalam NLP.

Namun jika memang ingin mengeksplorasi pengetahuan NLP dengan tujuan sebagai dasar dalam mempelajari pada tingkatan lanjutan atau master bahkan mungkin nantinya ingin mengajarkan NLP kepada orang lain, maka mau tidak mau memang sudah benar dan tepat jika diharuskan untuk menghafal istilah yang ada.

Selamat memilih mana yang benar-benar diperlukan agar merasa nyaman-nyaman saja saat belajar NLP.

Salam,

belajar nlp

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
Open chat
1
Halo, Ada yang dapat kami bantu?
Powered by