NLP Submodality

Di Artikel ini akan Anda temukan pengertian tentang Submodality yang ada di NLP

nlp submodalitySetiap kita mempelajari NLP tentunya akan sering bersinggungan dengan sebuah istilah yang disebut sebagai Submodality. Apa itu Submodality? Inilah salah satu hal yang menjadi sedikit kendala ketika pertama kali orang ingin mempelajari NLP yaitu dengan banyaknya ragam istilah baru atau dapat dikatakan asing yang terkadang membuat orang merasa “jauh” dengan NLP.

Submodality adalah salah satu bagian dari perangkat manusia tentang bagaimana seseorang merekam sebuah peristiwa untuk kemudian disimpan dalam pikirannya. Jika boleh diibaratkan dengan mudah, maka Submodality dapat disamakan dengan data dari sebuah tayangan film.

Apabila kita melihat sebuah tayangan film, maka dalam tayangan tersebut akan terdapat beberapa elemen yang meliputi : gambar dan suara. Jika kita perhatikan lebih detail maka dari elemen gambar yang ada akan dibagi menjadi beberapa hal misalnya : warna yang ditampilkan film tersebut terkadang warna yang terang dengan komposisi warna yang lengkap, terkadang dalam adegan yang lain dibuat sedikit gelap. Demikian juga dengan suara yang disajikan dalam tayangan tersebut seperti misalnya : ada adegan yang menampilkan suara yang fokus kepada salah seorang pemerannya saja, namun terkadang suara yang diperdengarkan dalam sebuah adegan terkesan bercampur dengan suara latar belakang dari pemerannya semisal terjadi dialog dalam sebuah keramaian.

Selain dari hal tersebut di atas, jika kita cermati lebih jauh dari sebuah tayangan film maka akan kita temui pula tentang bagaimana sudut pengambilan gambar yang dilakukan oleh sutradara atau kru pembuat film yang berbeda dalam setiap adegan. Terkadang kita sebagai penonton seperti mewakili dari sudut pandang seorang pemeran utama ketika dia berdialog dengan pemeran yang lain, namun acap kali kita juga mampu melihat sendiri aksi dari seorang pemeran utama ketika berinteraksi dengan pemeran yang lain yang artinya kita melihat dua pribadi : pemeran utama dan pemeran yang lain.

Jika kita samakan tayangan tersebut dengan apa yang ada pikiran kita sendiri, maka ketika kita memutar (mengingat) sebuah adegan pengalaman dari kehidupan kita, maka tentunya akan berlaku sama dimana kualitas elemen pengalaman tersebut akan terdiri dari berbagai macam pula.

Di NLP, kualitas atau struktur elemen dari pengalaman yang kita ingat tadi disebut sebagai Submodality. Hal yang menarik dari keberadaan submodality ini adalah dengan merubah elemen tersebut akan merubah makna yang terdapat pada pengalaman yang kita miliki. Sama halnya dengan tayangan sebuah film  jika kita menonton film horror lantas suara yang menyertai film tersebut kita hilangkan, maka setidaknya kesan menakutkan dari film tersebut akan berkurang pula.

Selamat mengenali struktur elemen dari pengalaman Anda.

Salam,

Totok PDy

Pin It on Pinterest

Shares
Share This