Trainer NLP Terbaik Di Indonesia

Trainer NLP Terbaik Di Indonesia itu siapa sih? Sering saya mendapati pertanyaan seperti ini ketika seseorang ingin menentukan untuk mengikuti kelas pelatihan NLP.

Jujur jika saya ingin secara subyektif menjawab dengan pertanyaan seperti itu atau misalnya diganti dengan pertanyaan seperti ini : “Pak, trainer NLP terbaik di Indonesia itu siapa sih? Apakah pak Totok juga termasuk kategori trainer terbaik?”

Secara cepat saya akan langsung menjawab : “ Ya, saya ini trainer NLP terbaik di Indonesia.”

Namun apakah jawaban subyektif seperti itu akan membantu seseorang yang memang benar-benar ingin mengetahui siapa trainer terbaik di Indonesia seperti yang diinginkannya?

Tentu saja jawabannya : Belum tentu

Trainer NLP Terbaik Di IndonesiaMengapa saya katakan belum tentu, karena kualitas seorang trainer terlebih lagi trainer NLP masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apakah dengan kekurangan yang dimiliki seorang trainer dapat menjadi suatu standar penilaian bahwa ia dapat dikategorikan sebagai trainer terbaik? Jawaban saya : Betul sekali.

Saya mengatakan betul karena dalam kenyataannya ada pula seorang trainer yang meskipun dia bukan seorang trainer NLP yang terkenal namun jangan ditanya soal jam terbangnya dalam memberikan materi pengajaran.

 

SEKILAS KISAH TRAINER TERBAIK

Dulu saya pernah berkenalan dengan seorang trainer yang dari hasil kita saling bertukar pengalaman, saya mengetahui bahwa dia bukan seorang trainer NLP.

Namun yang menarik adalah dari caranya menyampaikan materi pengajaran saya cukup terkesan.

Trainer tersebut mampu membius peserta dengan gaya mengajarnya yang suungguh unik.

Unik dalam artian bahwa setiap dia menyampaikan satu pokok bahasan materi, maka selalu diawalinya dengan membuat sebuah cerita yang lucu dan kocak.

Bahkan ketika suatu saat saya pernah berpasangan mengajar dengannya, saya pernah mengatakan : “Sampeyan itu bukan hanya trainer hebat, tapi sudah termasuk seorang motivator yang lucu dan kocak.”

Dan lebih menariknya lagi jam terbang yang dimilikinya sebagai seorang trainer sungguh luar biasa.

Nah, kembali pada kalimat pembuka artikel ini : “Siapa trainer NLP terbaik di Indonesia?” maka sekarang justru saya balik bertanya : “Memangnya untuk dapat dikategorikan sebagai trainer terbaik, terkenal atau hebat di Indonesia harus seorang trainer NLP?”

Kira-kira apa jawaban Anda terlebih dikaitkan dengan cerita tentang teman saya yang seorang trainer di atas?

 

KIAT MEMIILIH TRAINER TERBAIK  

Lantas apa dong yang dapat dijadikan arahan atau panduan cara dalam memilih trainer NLP terbaik di Indonesia jika saya ingin belajar NLP?

Okay, kali ini saya akan berikan semacam tips bagi Anda yang memang berkeinginan untuk belajar sebuah pengetahuan atau ilmu dan harus memilih trainer yang terbaik itu yang mana.

Namun ijinkan saya untuk menyingkirkan istilah “NLP” dari kalimat “trainer NLP terbaik di Indonesia” menjadi “trainer terbaik di Indonesia”.

Mengapa perlu saya hilangkan kata “NLP” tersebut. Hal ini saya lakukan agar batasan pemikiran pilihan Anda tidak hanya untuk bagi yang ingin belajar NLP melainkan jika suatu saat Anda ingin menguasai keilmuan yang lainnya.

Sepakat?..

Kiat memilih trainer terbaik :

Sesuaikan bahasa yang digunakan trainer dengan bahasa yang familiar sering Anda gunakan.

Meski hal ini terkesan sepele namun ini kuat utama yang perlu Anda pertimbangkan karena saya sering mendapati seseorang yang ingin belajar suatu keilmuan tertentu mengabaikan hal ini dan hanya berorientasi pada trainer dari luar negeri.

Apakah salah? Tidak juga jika Anda memang memahami materi yang diberikan trainer tersebut.

Namun tidak jarang pula orang hanya mengejar embel-embel “trainer luar negeri” namun orang tersebut masih belum menguasai bahasa yang digunakan oleh trainer yang bersangkutan dan hanya mengejar “pernah belajar ke luar negeri dari trainer si Anu agar terlihat keren.

Boleh-boleh saja jika orientasinya seperti itu namun kemballi pada esensi dalam hal menguasai sebuah materi secara menyeluruh adalah juga sebuah pertimbangan yang perlu dipikirkan jika memang “niat-nya” adalah untuk menguasai sebuah keilmuan.

Karena pada kenyataannya masih banyak juga trainer terbaik di Indonesia yang boleh saya katakan cukup mumpuni dalam mengajarkan sebuah keilmuan khususnya tentang dunia pemberdayaan diri.

Pahami kualitas trainer dari karya-karya yang pernah dihasilkannya.

Kepiawaian seorang traner terbaik dapat dilihat dari karya yang pernah dihasilkan melalui tulisan yang dapat berupa : tulisan artikel di bog, tulisan status di sosial media, atau mungkin buku yang pernah ditulisnya.

Sederhananya seperti ini : Dari mana kita tahu kecakapan seseorang jika memang kita tidak pernah tahu apa yang secara nyata pernah dibuatnya.. Simple khan?

Berkaitan dengan kitat atau tips kedua cara memilih trainer terbaik adalah dengan mengetahui secara pasti karya yang pernah ditulisnya, jika perlu berikan semacam pertanyaan atau studi kasus dalam jejaring sosial sehingga Anda akan mengetahui kompetensi dari trainer tersebut.

Sesuaikan karakter trainer dengan diri Anda

Saya menyingkatnya dengan gaya bahasa yang dimiliki oleh trainer yang bersangkutan dengan diri Anda.

Jika Anda mungkin merasa termasuk orang yang lebih suka belajar dengan cara serius, maka sesuaikan selera Anda dengan menentukan trainer yang sama dengan karakter cara Anda belajar.

Namun jika Anda lebih suka belajar dengan cara yang banyak diselingi dengan humor, penuh canda, serta santai, maka saran saya adalah pilihlah trainer yang lucu, kocak, dan suka humor.

Pertimbangan dari kiat ketiga ini lebih mengarah kepada kenyamanan yang akan Anda dapatkan dalam proses belajar agar sesuai dengan hasil yang nantinya Anda harapkan usai mengikuti kelas.

Jadi jika saya bertanya kembali khususnya kepada Anda yang ingin belajar NLP, maka siapakah trainer NLP terbaik di Indonesia? Saya yakin Anda akan mampu memilihnya sekarang.

 

Pengalaman apa yang pernah Anda dapatkan berkaitan dengan seorang trainer ketika pernah mengikuti suatu  pelatihan?

Yuk silakan berbagi …..

Pin It on Pinterest

Shares
Share This