Trainer Outbound NLP

Trainer Outbound NLP : Artikel ini berisi tentang pengalaman saya sebagai trainer outbound maupun sebagai fasilitator oubound dengan menyajikan materi NLP sebagai landasan pengetahuannya.

Saat ini konsep pelatihan atau training di dunia outbound sudah sedikit berubah. Konsep kegiatan outbound yang dulunya kental dengan aktivitas kegiatan seperti permainan yang identik dengan kegiatan outbound sesungguhnya sudah sedikit bergeser.

Dulu jika orang mendengar istilah “outbound”, maka yang muncul di pemikirannya adalah identik dengan : berkemah di alam (hutan atau pegunungan), permainan panjat tebing, meniti tali di ketinggian tertentu, atau yang dikenal dengan sebutan high rope.

Namun saat ini kegiatan semacam itu sudah sangat jarang sekali dilakukan oleh beberapa instansi maupun lembaga yang memiliki rencana untuk mengadakan kegiatan outbound.

Sekarang konsep outbound yang sering diminati justru adalah kegiatan outbound ringan yang dipadu dengan muatan pembelajaran soft skill yang salah satunya berbasiskan materi NLP (Neuro-Linguistic Programming).

Pengalaman saya selama ini sebagai trainer outbond jika diminta oleh klien membuat sebuah konsep kegiatan outbound adalah dengan cara memadukan antara aktivitas permainan ringan dengan materi di dalam kelas yang kesemuanya memiliki muatan materi NLP sebagai landasannya.

Hal ini memiliki tujuan agar peserta mendapatkan sebuah metode belajar yang baru melalui pembelajaran yang menyenangkan namun berkesan.

Untuk itu saya sebagai praktisi trainer outbound NLP yang ingin memberikan kesan unik namun menarik bagi peserta outbound, biasanya akan menggunakan alur konsep kegiatan outbound tersebut yang saya namakan dengan tema FUN OUTBOUND NLP.

Konsep dasar dari Fun Outbound NLP ini biasanya saya susun dengan durasi waktu 2 (dua) hari dengan tujuan agar lebih memaksimalkan waktu yang memungkinkan bagi peserta untuk turut serta dalam kegiatan mengingat aktivitas kesibukan kerja rutin yang harus dijalaninya.

Seperti apakah materi outbound NLP seperti yang saya sebutkan di atas?

Mengingat tanggung jawab serta kompetensi saya sebagai trainer NLP yang sekaligus juga menjadi fasilitator outbound maka saya akan membagi konsep kegiatan meliputi materi outbound sebagai berikut :

 

PERMAINAN RINGAN OUTBOUND NLP

Biasanya saya akan mengawali dengan membuka kegiatan Fun Outbound NLP ini melalui permainan outbound NLP pembuka yang ringan dan fun untuk mengenalkan mereka dengan suasana baru dalam menerima sebuah materi pengajaran.

Trainer Outbound NLPTujuan dari kegiatan permainan ini adalah untuk membuat suasana yang kondusif bagi peserta yang dikenal dengan istilah Ice Breaking Session.

Meskipun di sesi ini sifatnya hanya sekedar “bermain ringan” namun materi NLP sudah saya sematkan di sela-sela permainan yang ada.

Harapan serta tanggung jawab saya selaku trainer outbound NLP kali ini adalah untuk mengenalkan kepada peserta bahwa dalam 2 (dua) hari tersebut peserta sudah tidak asing lagi ketika saya menyebutkan istilah NLP sebagai muatan dasar pengajaran di kelas maupun pada aktivitas outbound berikutnya.

 

MATERI KELAS OUTBOUND NLP

Trainer Outbound NLPDi sesi ini yang biasaya dilaksanakan pada malam hari dan di dalam ruangan kelas, saya akan fokus dengan materi NLP yang akan saya sesuaikan dengan keinginan klien, seperti misalnya : NLP untuk Sales (Selling with NLP), NLP untuk Leadership (NLP Leadership), NLP untuk Motivasi (Motivation with NLP), maupun NLP untuk Kerja Sama Tim (NLP for Team Work).

Meskipun kegiatan materi pengajaran dilaksanakan di dalam kelas namun saya sebagai trainer outbound NLP tetap harus membawakannya dengan kondisi yang fun dan menyenangkan bahkan terkadang saya selingi dengan permainan yang lucu agar peserta lebih mudah mencerna pengajaran yang saya berikan.

 

PERMAINAN INTI OUTBOUND NLP

Sesi ini biasanya akan saya awali di pagi hari dan akan berakhir pada siang hari sehingga peserta dapat kembali pulang dengan masih menyisakan waktu istirahat untuk mereka, agar esoknya dapat kembali beraktivitas tanpa terkendala.

Trainer Outbound NLPDi sesi kegiatan ini saya akan lebih memfokuskan pada aktivitas outbound yang masih berkaitan dengan materi yang saya sudah sampaikan di kelas, dimana materi NLP tetap menjadi prioritas di sela-sela kegiatan outbound yang saya sampaikan dalam bentuk permainan yang menyenangkan.

Tujuan dari sesi ini adalah agar peserta dapat mengetahui bagaimana sebetulnya implementasi dari materi NLP yang telah mereka terima nantinya akan digunakan dalam kehidupan kerja mereka.

Hal yang menjadi pokok penyampaian materi NLP pada sesi ini adalah saya selaku trainer outbound NLP akan memberikan ulasan setelah mereka melakukan satu aktivitas permainan outbound agar prinsip penyampaian analogi dari permainan dapat lebih mudah dipahami.

 

Itulah sekilas pengalaman saya sebagai trainer outbound NLP yang mungkin dapat menjadi referensi bagi para praktisi outbound maupun bagi pembaca yang memang ingin melaksanakan kegiatan outbound yang unik dan seru agar menjadi pengalaman yang berkesan.

Pengalaman outbound unik dan seru seperti apakah yang pernah Anda alami?

 

Mari berbagi di sini …..

Pin It on Pinterest

Shares
Share This